twitter facebook google plus YouTube

Social Icons

Aksi GERIGI ITS

psdmkmits's  album on Photobucket

Selasa, 27 Agustus 2013

SEKILAS SEJARAH GERIGI ITS


          
           





(PRESIDEN BEM ITS 2010-2011)







 ITS mempunyai program kaderisasi tingkat institute untuk mahasiswa baru dengan nama yang berbeda – beda seperti Bakti Kampus , IW (Integralistik Workshop), HARBITS (Hari Biru ITS), dan GERIGI ITS. IW dan HARBITS dilakasanakan pada pertengahan periode kaderisasi, sehingga mahasiswa baru pertama kali diterima oleh jurusan masing-masing. Tantangan pada pelaksanaan IW dan HARBITS yaitu integralistik susah dicapai karena mahasiswa baru sudah terlanjur di doktrin tentang jurusan masing-masing . Dan pada saat itu kegiataan ini masih belum diwajibkan untuk mahasiswa , sehingga banyak dari mereka yang tidak ikut berpartisipasi.

            Pada tahun 2010 kegiatan OMB (Orientasi Mahasiswa Baru) dilarang oleh kampus karena adanya catatan-catatan pada tahun sebelumnya. Momentum ini membuat saya dan teman-teman BEM ITS ingin membuat hal baru dengan membalikkan alur OMB yaitu melaksanakan OMB di tingkat institute terlebih dahulu baru kemudian ke tingkat fakultas dan jurusan. Kami menawarkan kepada rektor pada saat itu jika orientasi di tingkat institute berjalan dengan baik maka tidak ada salahnya OMB di tingkat jurusan tetap dilaksanakan asalkan dengan pengawasan tertentu .  Dengan melewati berbagai kendala, akhirnya GERIGI ITS dilaksanakan untuk mahasiswa baru 2010.

            Pada saat itu tidak semua jurusan mengikuti GERIGI ITS karena sifatnya yang tidak diwajibkan untuk mahasiswa baru. Tetapi GERIGI ITS dapat berjalan baik dan positif meskipun dengan dana terbatas. Hal ini juga tidak lepas dari kerjasama antara BEM , SC , IC dan OC . dengan berbagai tanggapan positif akhirnya GERIGI ITS dilakasanakan kembali pada tahun 2011 dan berikutnya , tentunya dengan konsep yang lebih matang. Sejak tahun 2011 GERIGI ITS sifatnya diwajibkan untuk seluruh mahasiswa baru.
           Harapan saya jika suatu saat BEM , KAHIMA , SC , IC dan OC yang memegang gerigi merupakan orang-orang yang dulu mengalami GERIGI ITS , maka GERIGI ITS akan terselenggara dengan konsep yang semestinya , lebih luas dan lebih baik . Sehingga ketika kita "para alumni" kembali ke kampus kami , kami akan kembali dengan tersenyum melihat adik-adik kami yang jauh lebih mandiri dan bergerak sebagaimana apa yang kami inginkan saat itu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentar yang diberikan. Mari bersama memperbaiki ITS dan Indonesia melalui langkah kecil kita menjadi Generasi Integralistik ITS. Bersama, Bersinergi, Jaya Almamaterku!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.